1. No Klas : 370. 154 Lis P
Pengarang : Lisnawati, desi
Judul : Partisiasi siwa dalam pembelajaran bernuansa religius dan
dampaknya terhadap hasil belajar biologi di SLTP Muhamadiah 3
Bandar Lampung tahun pelajarn 2004/2005. Oleh Desi Lisnawati
Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2006
Subyek : Motivasi Belajar
2. No Klas : 371. 3 Mau K
Pengarang : Maulina, Dina
Judul : Kajian gaya mengajar guru, gaya dan hasil belajar biologi siswa
kelas VIII akselerasi SMP N 2 Bandar Lampung tahun pelajaran
2007/2008 oleh Dina Maulina
Maulina Dina
Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2008
Subyek : Metode Belajar
3. No Klas : 371. 3 Okta P
Pengarang : Oktariana, Ellen
Judul : Penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat terhadap
aktivitas dan penguasaan materi Biologi oleh siswa siswi
Muaradua Oku Selatan tahun pelajaran 2006/2007. Oleh Ellen
Oktaria
Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2008
Subyek : Metode Belajar
4. No Klas : 371. 32 Zul P
Pengarang : Zulaiha
Judul : Penerapan Model bermain peran ( role playing ) dalam
pembelajaran biologi untuk meningkatkan keterampilan
memecahkan masalah siswa : ( kaji findak siswa pada siswa kelas
VIII e SMPN 24 Bandar Lampung tahun pelajaran 2005/2006 )
oleh Zulaiha
Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2008
Subyek : Metode mengajar dan Belajar
5. No Klas : 370. 157 San P
Pengarang : Santi, Lidya
Judul : Penerapan cooperative learning dengan metode diskusi terhadap
hasil belajar biologi siswa kelas IX semester ganjil di SMP Negeri
8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2005/2006 oleh Lidya Sandi
Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2006
Subyek : Aktivitas Belajar
6. No Klas : 371. 3 Sar P
Pengarang : Sari Restianna Lusica
Judul : Penerapan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan
aktivitas dan penguasaan materi pokok sistem penerapan : ( PTK
di SMP Negeri Rejo Taggamus tahun pelajaran2005/2006 ) oleh
Lusica Sari Restianna
Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2006
Subyek : Motivasi Belajar
7. No Klas : 371. 332 Gal P
Pengarang : Galiatri, Bayu
Judul : Pembelajaran dengan pendekatan tutor sebaya untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok
keanekaragaman hayati kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung
tahun pelejaran 2005/2006 oleh Bayu Galiatri
Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2006
Subyek : Metode Mengajar dan Belajar
8. No Klas : 371. 332 Uma P
Pengarang : Umam, Imron Chairul
Judul : Penggunaan model pembelajar kooperatif dengan metode bermain
peran ( Role Playing ) untuk mening katkan integrasi kecakapan
hidup dalam pembelajaran IPA biologi pada siswa kelas VIII c
SMP Negeri 25 Bandar Lampung tahun pelajaran 2005/2006 Oleh
Chairul Umam Imron
Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2006
Subyek : Metode Belajar
9. No Klas : 371. 1 Est A
Pengarang : Estuningsih, F. Wuri
Judul : Aktifitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa dalam pembelajaran
sistem koordinasi melalui penerapan metode inquiri.( Studi pada
siswa kelas II semester 2 SMP Tri Sukes Natar Lampung Selatan
tahun pelajaran 2004/2005 oleh F wuri estuningsih
Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2005
Subyek : Hasil Belajar
10. No Klas : 370. 157 Fit S
Pengarang : Fitri, Laila
Judul : Studi tentang penggunaan model pengajaran langsung (direc
instruction) dalam pembelajaran biologi terhadap aktivitas belajar
pada siswa kelas VII semester genap SMP AL’kautsar Bandar
Lampung tahun pelajaran 2003/2004 oleh Fitri, Laila
Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2004
Subyek : Aktivitas Belajar
1. No Klas : 370.154 Uka P
Pengarang : Ubaidillah
Judul : Penerapan metode inquiri dalam pembelajaran sistem reproduksi
makhluk hidup : ( studi pada siswa kelas II semester 2 SMA
trisukres natar lampung selatan tahun pelajaran 2004/2005 ), oleh
Ubaidillah
Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2006
Subyek : Motivasi Belajar
2. No Klas : 370.157 Fri P
Pengarang : Friyanti
Judul : Penggunaa model pembelajaran kooperatif tipe stad ( student
Tems achievement divisios ) untuk meningkatkan integrasi life
skill kelas VIII G di SMP Negeri I Bandar Lampung tahun
pelajaran 2005/2006, oleh friyanti
Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2006
Subyek : Hasil Belajar
3. No Klas : 371. Har P
Pengarang : Hartatik
Judul : Pembelajaran struktur hewan dengan pendekatan koperatif tipe
stad siswa kelas XI SMA Negeri 5 Bandar Lampung tahun
pelajaran 2005/2006, oleh Hartatik
Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2006
Subyek : Hasil Belajar
4. No Klas : 370.157 Mah P
Pengarang : Mahfiroh, laila
Judul : Penggunaan Model pembelajaran koperatif tipe kepala bernomor
( Numbered heads together ) untuk mengkatkan integrasi life skill
dalam pembelajaran IPA Biologi pada siswa kelas VIII e tahun
pelajaran 2005/2006 oleh Laila Mahfiroh
Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2006
Subyek : Hasil Belajar
5. No Klas : 371. 332 Sug P
Pengarang : Sugesti Fitrah
Judul : Pengaruh penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran
biologi terhadap proses dasar siswa ( studi eksperimental pada
siswa kelas VII SMP N 26 Bandar Lampung tahun pelajaran
2006/2007 ), oleh Fitrah sugesti
Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2008
Subyek : Metode Mengajar
6. No Klas : 371. 3 Sar P
Pengarang : Sari Restianna Lusica
Judul : Penerapan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan
aktivitas dan penguasaan materi pokok sistem penerapan : ( PTK
di SMP Negeri Rejo Taggamus tahun pelajaran2005/2006 ), oleh
Lusica sari restiana
Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2006
Subyek : Motivasi Belajar
7. No Klas : 370. 157 Leg U
Pengarang : Leginem
Judul : Upaya menigkatkan aktifitas belajar biologi siswa dengam model
pembelajaran berdasarkan masalah pada siswa Madrasah
Tsanawiyah Nurul Fatah Talang Padang kelas 1 Semester genap
tahun pelajaran 2002/2003 Oleh leginem
Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2004
Subyek : Aktivitas Belajar
8. No Klas : 371. 1 Lat S
Pengarang : Latifah, Eva
Judul : Studi perbandingan hasil belajara siswa antara yang
menggunakan media biobolyester dengan metode gambar
terhadap penguasaan sub konsep athropoda siswa kelas 1 semter I
SMU Persada Bandar Lampung tahu pelajaran 2003/2004 oleh
Eva Latifah
Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2006
Subyek : Hasil Belajar
9. No Klas : 370. 157 Mug U
Pengarang : Mugiati, Retno
Judul : Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi dengan
pendekatan konsteruktivisme pada siswa kelas X semester I SMA
N1 Tanjung Bintang Lampung Selatan tahun pelajaran 2005/2006
oleh Retno Mugiati
Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2006
Subyek : Aktivitas Belajar
10. No Klas : 370. 154 Yul S
Pengarang : Yuliandani Supartika
Judul : Studi penggunaan metode observasi pada pemeblajaran biologi
terhadap kecakapan berpikir rasional siswa di SMP N 2 Bandar
Lampung kelas VII semester genap tahun pelajaran 2004/2005.
oleh Supartika yuliandani
Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2005
Subyek : Motivasi Belajar
I. PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Dengan penuturan atau penjelasan lisan langsung terhadap siswa. Sehubungan dengan pendapat Djamarah dan Zain tersebut, Roestiyah (1998 : 95-96 ) yang mengemukakan beberapa kelamahan metode ceramah, diantaranya, (1) jika metode ceramah digunakan terlalu lama siswa akan merasa bosan, (2) tidak memberikan kesempatan berkembangnya “self process skill”, “self expression”, dan “ self selection”, yang diduga menyebabkan siswa kurang dapat mengembangkan keterampilan diri, khususnya keterampilan proses dasar yang telah ada pada diri siswa.
Menurut Gagne ( Ertikanto 2005 : 44 ) hal-hal yang berkaitan dengan keterampilan proses adalah : 1) merupakan keterampilan intelektual yang khas digunakan oleh saintis ;2) setiap keterampilan proses sains merupakan tingkah laku ilmuwan yang dapat dipelajari siswa; dan 3) keterampilan proses sains dapat diproses atau ditransfer antara isi pelajaran-pelajaran dan memberi sumbangan pada berpikir rasional dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian itasari (2003 : 30) menunjukkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar kimia pada fokok bahasan perubahan materi sebesar 60,42% pada fae pertama, 75% pada fase kedua dan 87,5% pada fase ketiga. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti ingin mengkaji pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap keterampilan proses dasar siswa dalam pembelajaran biologi kelas Vii semester genap di SMP N26 Bandar Lampung.
- Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusa masalah dalam penelitian ini adalah :
- apakah metode experimen berpengaruh terhadap keterampilan proses dasar siswa?
- apakah rata-rata keterampilan proses dasar siswa dikelas experimen lebih tinggi daripada dikelas kontrol
- tujuan penelitian
tujuan penelitian ini adalah :
- untuk mengetahui pengaru penggunaan metode experimen terhadap keterampilan proses dasar siswa.
- Untuk mengetahui rata-rata keterampilan proses dasar yang lebih tinggi antara kelas experimen dan kelas kontrol
- Manfaat Penelitian
- siswa, yaitu dapat lebih memahami materi pelajaran yang dipelajari.
- guru, yaitu salah satu cara untuk dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan bagi siswa guna mendukung dan meningkat kan keterampilan proses dasar yang dapat menunjang keberhasilan siswa dalam memahami pelajaran biologi.
- peneliti, yaitu sebagai calon guru dapat menambah ilmu pengetahuan dalam menentukan metode yang tepat bagi masing-masing pokok bahasan.
- Ruang Lingkup Penelitian
Untuk menghindari terjadinya penyimpangan makna dalam penelitian ini, maka penulis memberikan batasan ruang lingkup penelitian sebagai berikut :
- metode eksperimen adalah salah satu cara mengajar, di mana siswa melakukan percobaan tentang suatu hal, mengamati prosesnya, serta menuliska hasil percobaannya kemudian hasil pengamatan tersebut disampaikan ke dalamkelas dan dibahas oleh guru.
- materi yang digunakan sebagai bahan penelitian adalah Ciri-ciri makhluk hidup.
- kerangka pikir
belajar adalah perubahan tingkah laku seseorang karena pengalaman berulang-ulang yang merupakan suatu peroses mencapai tujuan. Sehingga dalam proses belajar diperlukan suatu cara yang memudahkan seseorang untuk mempelajari dan memahami suatu pelajaran.
Metode eksperimen adalah suatu metode belajar yang memberikan keempatan kepada siswa untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiri, mengikuti suatu prose, mengamati suatu objek, menganalisis, membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri tentang suatu objek. Dengan menggunakan metode eksperiman ini diharapkan siswa dapat meningkatkan keterampilan yang dimilikinya dan siswa akan menjadi lebih akti dalam proses pembelajaran.
Metode ceramah adalah penuturan atau penjelasan guru secara lisan dimana dalam pelaksanaannya seorang guru dapat menggunakan alat bantu mengajar yang berfungsi untuk memperjelas uraian materi yang disampaikan kepada siswannya. Penggunaan metode ceramah ini tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat mengembangkan “ self process skill”, “self expression”, dan “ self selection”, yang menyebabkan siswa kurang dapat mengembangkan sejumlah keterampilan proses yang telah ada pada dirinya.
- Hipotesis Penelitian
Hipotesis dalam penelitian ini adalah
- H0 = tidak ada pengaruh penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran
biologi terhadap keterampilan proses dasar siswa.
H1 = ada pengaruh penggunaan metode dalam pembelajaran biologi terhadap
keterampilan proses dasar siswa.
- Ho = Rata-rata keterampilan prose dasar siswa dikelas eksperimen sama dengan
kelas kontrol.
H1 = Rata-rata keterampilan prose dasar siswa dikelas eksperimen tidak sama
dengan kelas kontrol.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar