Daftar Blog Saya

Selasa, 12 Januari 2010

judul skripsi

1. No Klas : 370. 154 Lis P

Pengarang : Lisnawati, desi

Judul : Partisiasi siwa dalam pembelajaran bernuansa religius dan

dampaknya terhadap hasil belajar biologi di SLTP Muhamadiah 3

Bandar Lampung tahun pelajarn 2004/2005. Oleh Desi Lisnawati

Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2006

Subyek : Motivasi Belajar

2. No Klas : 371. 3 Mau K

Pengarang : Maulina, Dina

Judul : Kajian gaya mengajar guru, gaya dan hasil belajar biologi siswa

kelas VIII akselerasi SMP N 2 Bandar Lampung tahun pelajaran

2007/2008 oleh Dina Maulina

Maulina Dina

Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2008

Subyek : Metode Belajar

3. No Klas : 371. 3 Okta P

Pengarang : Oktariana, Ellen

Judul : Penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat terhadap

aktivitas dan penguasaan materi Biologi oleh siswa siswi

Muaradua Oku Selatan tahun pelajaran 2006/2007. Oleh Ellen

Oktaria

Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2008

Subyek : Metode Belajar

4. No Klas : 371. 32 Zul P

Pengarang : Zulaiha

Judul : Penerapan Model bermain peran ( role playing ) dalam

pembelajaran biologi untuk meningkatkan keterampilan

memecahkan masalah siswa : ( kaji findak siswa pada siswa kelas

VIII e SMPN 24 Bandar Lampung tahun pelajaran 2005/2006 )

oleh Zulaiha

Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2008

Subyek : Metode mengajar dan Belajar

5. No Klas : 370. 157 San P

Pengarang : Santi, Lidya

Judul : Penerapan cooperative learning dengan metode diskusi terhadap

hasil belajar biologi siswa kelas IX semester ganjil di SMP Negeri

8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2005/2006 oleh Lidya Sandi

Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2006

Subyek : Aktivitas Belajar

6. No Klas : 371. 3 Sar P

Pengarang : Sari Restianna Lusica

Judul : Penerapan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan

aktivitas dan penguasaan materi pokok sistem penerapan : ( PTK

di SMP Negeri Rejo Taggamus tahun pelajaran2005/2006 ) oleh

Lusica Sari Restianna

Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2006

Subyek : Motivasi Belajar

7. No Klas : 371. 332 Gal P

Pengarang : Galiatri, Bayu

Judul : Pembelajaran dengan pendekatan tutor sebaya untuk

meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok

keanekaragaman hayati kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung

tahun pelejaran 2005/2006 oleh Bayu Galiatri

Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2006

Subyek : Metode Mengajar dan Belajar

8. No Klas : 371. 332 Uma P

Pengarang : Umam, Imron Chairul

Judul : Penggunaan model pembelajar kooperatif dengan metode bermain

peran ( Role Playing ) untuk mening katkan integrasi kecakapan

hidup dalam pembelajaran IPA biologi pada siswa kelas VIII c

SMP Negeri 25 Bandar Lampung tahun pelajaran 2005/2006 Oleh

Chairul Umam Imron

Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2006

Subyek : Metode Belajar

9. No Klas : 371. 1 Est A

Pengarang : Estuningsih, F. Wuri

Judul : Aktifitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa dalam pembelajaran

sistem koordinasi melalui penerapan metode inquiri.( Studi pada

siswa kelas II semester 2 SMP Tri Sukes Natar Lampung Selatan

tahun pelajaran 2004/2005 oleh F wuri estuningsih

Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2005

Subyek : Hasil Belajar

10. No Klas : 370. 157 Fit S

Pengarang : Fitri, Laila

Judul : Studi tentang penggunaan model pengajaran langsung (direc

instruction) dalam pembelajaran biologi terhadap aktivitas belajar

pada siswa kelas VII semester genap SMP AL’kautsar Bandar

Lampung tahun pelajaran 2003/2004 oleh Fitri, Laila

Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2004

Subyek : Aktivitas Belajar

1. No Klas : 370.154 Uka P

Pengarang : Ubaidillah

Judul : Penerapan metode inquiri dalam pembelajaran sistem reproduksi

makhluk hidup : ( studi pada siswa kelas II semester 2 SMA

trisukres natar lampung selatan tahun pelajaran 2004/2005 ), oleh

Ubaidillah

Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2006

Subyek : Motivasi Belajar

2. No Klas : 370.157 Fri P

Pengarang : Friyanti

Judul : Penggunaa model pembelajaran kooperatif tipe stad ( student

Tems achievement divisios ) untuk meningkatkan integrasi life

skill kelas VIII G di SMP Negeri I Bandar Lampung tahun

pelajaran 2005/2006, oleh friyanti

Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2006

Subyek : Hasil Belajar

3. No Klas : 371. Har P

Pengarang : Hartatik

Judul : Pembelajaran struktur hewan dengan pendekatan koperatif tipe

stad siswa kelas XI SMA Negeri 5 Bandar Lampung tahun

pelajaran 2005/2006, oleh Hartatik

Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2006

Subyek : Hasil Belajar

4. No Klas : 370.157 Mah P

Pengarang : Mahfiroh, laila

Judul : Penggunaan Model pembelajaran koperatif tipe kepala bernomor

( Numbered heads together ) untuk mengkatkan integrasi life skill

dalam pembelajaran IPA Biologi pada siswa kelas VIII e tahun

pelajaran 2005/2006 oleh Laila Mahfiroh

Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2006

Subyek : Hasil Belajar

5. No Klas : 371. 332 Sug P

Pengarang : Sugesti Fitrah

Judul : Pengaruh penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran

biologi terhadap proses dasar siswa ( studi eksperimental pada

siswa kelas VII SMP N 26 Bandar Lampung tahun pelajaran

2006/2007 ), oleh Fitrah sugesti

Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2008

Subyek : Metode Mengajar

6. No Klas : 371. 3 Sar P

Pengarang : Sari Restianna Lusica

Judul : Penerapan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan

aktivitas dan penguasaan materi pokok sistem penerapan : ( PTK

di SMP Negeri Rejo Taggamus tahun pelajaran2005/2006 ), oleh

Lusica sari restiana

Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2006

Subyek : Motivasi Belajar

7. No Klas : 370. 157 Leg U

Pengarang : Leginem

Judul : Upaya menigkatkan aktifitas belajar biologi siswa dengam model

pembelajaran berdasarkan masalah pada siswa Madrasah

Tsanawiyah Nurul Fatah Talang Padang kelas 1 Semester genap

tahun pelajaran 2002/2003 Oleh leginem

Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2004

Subyek : Aktivitas Belajar

8. No Klas : 371. 1 Lat S

Pengarang : Latifah, Eva

Judul : Studi perbandingan hasil belajara siswa antara yang

menggunakan media biobolyester dengan metode gambar

terhadap penguasaan sub konsep athropoda siswa kelas 1 semter I

SMU Persada Bandar Lampung tahu pelajaran 2003/2004 oleh

Eva Latifah

Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2006

Subyek : Hasil Belajar

9. No Klas : 370. 157 Mug U

Pengarang : Mugiati, Retno

Judul : Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi dengan

pendekatan konsteruktivisme pada siswa kelas X semester I SMA

N1 Tanjung Bintang Lampung Selatan tahun pelajaran 2005/2006

oleh Retno Mugiati

Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2006

Subyek : Aktivitas Belajar

10. No Klas : 370. 154 Yul S

Pengarang : Yuliandani Supartika

Judul : Studi penggunaan metode observasi pada pemeblajaran biologi

terhadap kecakapan berpikir rasional siswa di SMP N 2 Bandar

Lampung kelas VII semester genap tahun pelajaran 2004/2005.

oleh Supartika yuliandani

Penerbit : Bandar Lampung : FKIP-Biologi-IPA,2005

Subyek : Motivasi Belajar

I. PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Dengan penuturan atau penjelasan lisan langsung terhadap siswa. Sehubungan dengan pendapat Djamarah dan Zain tersebut, Roestiyah (1998 : 95-96 ) yang mengemukakan beberapa kelamahan metode ceramah, diantaranya, (1) jika metode ceramah digunakan terlalu lama siswa akan merasa bosan, (2) tidak memberikan kesempatan berkembangnya “self process skill”, “self expression”, dan “ self selection”, yang diduga menyebabkan siswa kurang dapat mengembangkan keterampilan diri, khususnya keterampilan proses dasar yang telah ada pada diri siswa.

Menurut Gagne ( Ertikanto 2005 : 44 ) hal-hal yang berkaitan dengan keterampilan proses adalah : 1) merupakan keterampilan intelektual yang khas digunakan oleh saintis ;2) setiap keterampilan proses sains merupakan tingkah laku ilmuwan yang dapat dipelajari siswa; dan 3) keterampilan proses sains dapat diproses atau ditransfer antara isi pelajaran-pelajaran dan memberi sumbangan pada berpikir rasional dalam kehidupan sehari-hari.

Penelitian itasari (2003 : 30) menunjukkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar kimia pada fokok bahasan perubahan materi sebesar 60,42% pada fae pertama, 75% pada fase kedua dan 87,5% pada fase ketiga. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti ingin mengkaji pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap keterampilan proses dasar siswa dalam pembelajaran biologi kelas Vii semester genap di SMP N26 Bandar Lampung.

  1. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusa masalah dalam penelitian ini adalah :

  1. apakah metode experimen berpengaruh terhadap keterampilan proses dasar siswa?
  2. apakah rata-rata keterampilan proses dasar siswa dikelas experimen lebih tinggi daripada dikelas kontrol

  1. tujuan penelitian

tujuan penelitian ini adalah :

  1. untuk mengetahui pengaru penggunaan metode experimen terhadap keterampilan proses dasar siswa.
  2. Untuk mengetahui rata-rata keterampilan proses dasar yang lebih tinggi antara kelas experimen dan kelas kontrol

  1. Manfaat Penelitian
  1. siswa, yaitu dapat lebih memahami materi pelajaran yang dipelajari.
  2. guru, yaitu salah satu cara untuk dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan bagi siswa guna mendukung dan meningkat kan keterampilan proses dasar yang dapat menunjang keberhasilan siswa dalam memahami pelajaran biologi.
  3. peneliti, yaitu sebagai calon guru dapat menambah ilmu pengetahuan dalam menentukan metode yang tepat bagi masing-masing pokok bahasan.

  1. Ruang Lingkup Penelitian

Untuk menghindari terjadinya penyimpangan makna dalam penelitian ini, maka penulis memberikan batasan ruang lingkup penelitian sebagai berikut :

  1. metode eksperimen adalah salah satu cara mengajar, di mana siswa melakukan percobaan tentang suatu hal, mengamati prosesnya, serta menuliska hasil percobaannya kemudian hasil pengamatan tersebut disampaikan ke dalamkelas dan dibahas oleh guru.
  2. materi yang digunakan sebagai bahan penelitian adalah Ciri-ciri makhluk hidup.

  1. kerangka pikir

belajar adalah perubahan tingkah laku seseorang karena pengalaman berulang-ulang yang merupakan suatu peroses mencapai tujuan. Sehingga dalam proses belajar diperlukan suatu cara yang memudahkan seseorang untuk mempelajari dan memahami suatu pelajaran.

Metode eksperimen adalah suatu metode belajar yang memberikan keempatan kepada siswa untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiri, mengikuti suatu prose, mengamati suatu objek, menganalisis, membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri tentang suatu objek. Dengan menggunakan metode eksperiman ini diharapkan siswa dapat meningkatkan keterampilan yang dimilikinya dan siswa akan menjadi lebih akti dalam proses pembelajaran.

Metode ceramah adalah penuturan atau penjelasan guru secara lisan dimana dalam pelaksanaannya seorang guru dapat menggunakan alat bantu mengajar yang berfungsi untuk memperjelas uraian materi yang disampaikan kepada siswannya. Penggunaan metode ceramah ini tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat mengembangkan “ self process skill”, “self expression”, dan “ self selection”, yang menyebabkan siswa kurang dapat mengembangkan sejumlah keterampilan proses yang telah ada pada dirinya.

  1. Hipotesis Penelitian

Hipotesis dalam penelitian ini adalah

  1. H0 = tidak ada pengaruh penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran

biologi terhadap keterampilan proses dasar siswa.

H1 = ada pengaruh penggunaan metode dalam pembelajaran biologi terhadap

keterampilan proses dasar siswa.

  1. Ho = Rata-rata keterampilan prose dasar siswa dikelas eksperimen sama dengan

kelas kontrol.

H1 = Rata-rata keterampilan prose dasar siswa dikelas eksperimen tidak sama

dengan kelas kontrol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar